Mengontrol Karakter LCD Dengan Switch Button
Rangkaian untuk mengontrol karakter pada LCD dengan switch button pada Arduino adalah konfigurasi elektronik yang memungkinkan pengguna untuk mengubah tampilan teks atau karakter pada sebuah LCD menggunakan tombol-tombol (switch button). Dalam rangkaian ini, setiap tombol akan dikaitkan dengan fungsi tertentu seperti menampilkan teks baru, mengganti layar, atau melakukan operasi lainnya tergantung pada desain program yang diimplementasikan di Arduino.
Berikut
daftar komponen yang digunakan untuk merakit rangkaian tersebut:
- Arduino board, adalah unit yang berfungsi sebagai mikrokontroler untuk mengendalikan proses kerja rangkaian
- LCD, yang berfungsi sebagai display dan yang digunakan pada praktik ini adalah jenis 16x2
- Switch button, untuk mengganti karakter pada LCD
- Potensiometer, untuk mengatur kontras pada LCD dengan nilai 1K
- Resistor (opsional) adalah resistor potensiometer jika tidak ada fitur built-in untuk mengatur kontras pada LCD.
- Kabel penghubung dan breadboard, untuk menghubungkan komponen-komponen di atas.
Proses
kerja:
“LCD yang berfungsi
sebagai output pada rangkaian dan berfungsi untuk menampilkan karakter pada
rangkaian, dikontrol dengan sebuah input berupa switch button. Jika tombol
ditekan muncul karakter “Harap Tenang” pada baris pertama “Ada Ujian” pada
baris kedua, jika tombol dilepaskan muncul karakter “Selamat Datang” pada baris
pertama dan “Di lab. Elektronika” pada baris kedua.”
Listing Program:
#include <LiquidCrystal.h>
LiquidCrystal lcd(13, 9, 5, 4, 3, 2);
const int button=1;
void setup() {
lcd.begin(16,2);
pinMode(button,INPUT);
digitalWrite(button,HIGH);
}
void loop() {
if(digitalRead(button)==LOW){
lcd.setCursor(0,0);
lcd.print(" Harap
Tenang ");
lcd.setCursor(0,1);
lcd.print(" Ada Ujian ");}
else{
lcd.setCursor(0,0);
lcd.print(" Selamat Datang ");
lcd.setCursor(0,1);
lcd.print("Lab. Elektronika");}
}
Komentar