Mengontrol Karakter LCD Dengan Switch Button

Rangkaian untuk mengontrol karakter pada LCD dengan switch button pada Arduino adalah konfigurasi elektronik yang memungkinkan pengguna untuk mengubah tampilan teks atau karakter pada sebuah LCD menggunakan tombol-tombol (switch button). Dalam rangkaian ini, setiap tombol akan dikaitkan dengan fungsi tertentu seperti menampilkan teks baru, mengganti layar, atau melakukan operasi lainnya tergantung pada desain program yang diimplementasikan di Arduino. 

Berikut daftar komponen yang digunakan untuk merakit rangkaian tersebut:

  1. Arduino board, adalah unit yang berfungsi sebagai mikrokontroler untuk mengendalikan proses kerja rangkaian
  2. LCD, yang berfungsi sebagai display dan yang digunakan pada praktik ini adalah jenis 16x2
  3. Switch button, untuk mengganti karakter pada LCD
  4. Potensiometer, untuk mengatur kontras pada LCD dengan nilai 1K
  5. Resistor (opsional) adalah resistor potensiometer jika tidak ada fitur built-in untuk mengatur kontras pada LCD.
  6. Kabel penghubung dan breadboard, untuk menghubungkan komponen-komponen di atas.

Proses kerja:

“LCD yang berfungsi sebagai output pada rangkaian dan berfungsi untuk menampilkan karakter pada rangkaian, dikontrol dengan sebuah input berupa switch button. Jika tombol ditekan muncul karakter “Harap Tenang” pada baris pertama “Ada Ujian” pada baris kedua, jika tombol dilepaskan muncul karakter “Selamat Datang” pada baris pertama dan “Di lab. Elektronika” pada baris kedua.”

 

Listing Program:

#include <LiquidCrystal.h>

LiquidCrystal lcd(13, 9, 5, 4, 3, 2);

const int button=1;

void setup() {

  lcd.begin(16,2);

  pinMode(button,INPUT);

  digitalWrite(button,HIGH);

}

void loop() {

if(digitalRead(button)==LOW){

  lcd.setCursor(0,0);

  lcd.print("  Harap Tenang  ");

  lcd.setCursor(0,1);

  lcd.print("    Ada Ujian   ");}

else{

  lcd.setCursor(0,0);

  lcd.print(" Selamat Datang ");

  lcd.setCursor(0,1);

  lcd.print("Lab. Elektronika");}

}






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks Berjalan Pada LCD (Running Text)

Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif & Kemampuan Mencipta Pada Siswa Teknik Elektronika

Pendidikan Inklusif Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Kolaborasi Pada Siswa Teknik Elektronika